Pernah ngga, suatu ketika, liat gambar dengan tulisan yang bagus, lalu bertanya tanya, font apa yang digunakan dalam gambar tersebut. Untuk seseorang yang bergerak di bidang design, mungkin bisa sedikit lebih mudah dalam memperkirakan font, tetapi, bagi yang awam, pasti lebih susah. Apalagi, kalau gambar yang digunakan, sudah berformat JPG, alias sudah tidak bisa diedit edit lagi.

Permasalahan itulah yang sama aku hadapi, ketika mau membuat sebuah design. Biasa, untuk mencari ide, melihat gambar – gambar yang lain, dan aku tertarik pada font yang digunakan. Karena aku bukan orang design, bingung juga, font apa yang digunakan di gambar tersebut. Langsung deh, bertanya pada mbah dukun primbon internet alias mbah Google😀

Pencarianku tidaklah sia – sia. Ngga perlu puasa 7 hari 7 malem nunggu lama, ketemu 2 ‘tools’ online yang dapat mengidentifikasi font🙂
Yang pertama, aku temuin di Identifont. Identifont mengidentifikasi font berdasarkan jawaban kita atas pertanyaan – pertanyaan yang dia berikan (kaya wawancara aja). Pengalaman sewaktu menggunakan Identifont, aku ga tabah dalam menghadapi cobaan hidup pertanyaan yang diberikan, hehehe. Terlalu lama dia dapet hasilnya, keburu males😀
Yang kedua yang aku temuin, yaitu What The Font. What The Font ini merupakan tool yang disediakan oleh myfonts. What The Font mengidentifikasi font dengan cara, kita mengupload gambar yang akan kita identifikasi, atau dengan memasukkan alamat URL gambar yang bersangkutan, jika gambar target ada di sebuah website.

Kebetulan, aku cuma coba yang cara pertama, yaitu upload gambar. Pengalaman dengan What The Font lebih menyenangkan🙂 . Setelah gambar kita upload, What The Font akan meng’high light’kan beberapa huruf, dan kita diminta untuk memasukkan huruf yang di-high light tersebut. Sudah selesai mengisi, proses deh. Kemudian, What The Font akan memberikan beberapa hasil yang dicurigai sebagai tersangka font😀

Begitu pengalamanku dalam mengidentifikasi font. Karena dengan pencarian kedua sudah mendapatkan hasil yang memuaskan, aku ga cari lebih lanjut lagi. Mungkin masih banyak tools untuk mengidentifikasi, kalau dengan 2 tool tadi tidak cocok. Buka aja Primbon Internetnya🙂