Aku baru tahu hari ini, kalau Google mengeluarkan browser, yang diberi nama Google Chrome. Rasa ingin tahu segera muncul, seperti apa browser keluaran google ini. Ditambah, setelah aku membuka sitenya, disitu dikatakan “Google Chrome is a browser that combines a minimal design with sophisticated technology to make the web faster, safer, and easier.” Wah wah wah, faster, safer and easier . Kata – kata yang cukup mengundang untuk membawa Google Chrome masuk ke kamar hard disk-ku

Setelah meminta maaf pada Firefox, minta ijin untuk mencoba browser yang lain😀 , segera aku download file instaler ChromeAku sempat tertipu dengan ukuran file instaler, yang besarnya hanya 475KB. Kok kecil amat ya file instalernya, pantesan cepat, dan mestinya lebih ringan. Begitu pikirku pada mulanya. Ternyata, setelah dijalankan, ternyata mesti download dulu(owalaaaa…ta pikir langsung file ). OK deh, karena mesti download, ya download deh. Untungnya, ga perlu nunggu terlalu lama, sudah selesai. Saatnya uji coba.

Pertama, dari sisi interface, alias tampilan. Seperti yang dikatakan di web’nya, tampilannya dibuat dengan minimal design. Jadi terlihat bersih. Google Chrome juga memberikan pilihan untuk membuka halaman baru di tab dan di halaman baru. Fitur yang mirip dengan firefox. Memang di dalam webnya dikatakan, bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsaWe’ve used components from Apple’s WebKit and Mozilla’s Firefox, among….“. Makanya ada fitur yang mirip. 

Kemudian, masalah speed alias kecepatan. Pertama coba, emang kerasa, kalau Google Chrome ini cepat dalam me’load sebuah site. Aku coba buka beberapa site, dan cukup memuaskan kecepatan yang diberikan. Sesuai lah dengan slogannya, make the web faster.

Fitur One Box For Everything yang diberikan oleh Chrome juga menarik, dimana dengan satu box, bisa untuk browsing, atau melakukan pencarian dengan default search engine yang sudah di set untuk Chrome. Aku coba dengan Firefox, ternyata juga bisa sih, tapi ini karena aku pasang addons Google Toolbars untuk firefox, atau memang bawaan Firefox, aku kurang tahu. Ga pernah cek sebelumnya😀 .

Fitur selanjutnya, yang membuat aku suka dari Google Chrome, Debug Javascript😀 . Fitur ini mirip dengan Firebug, yaitu addons pada firefox, yang digunakan untuk debug javascript. Selain itu, dapat juga digunakan untuk memeriksa elemen – elemen pada situs. Fitur ini semakin membuat chrome menjadi browser yang komplit.

Yang ini baru saja kejadian, yaitu Chrome Bug. Entah apa bugnya, dan entah kenapa, tiba – tiba, di salah satu tab yang aku buka, terjadi hang, dan keren’nya, cuma tab yang bersangkutan aja yang hang. Ini tidakseperti firefox, dimana ketika satu tab hang, otomatis aplikasi firefox hang, dan mungkin saja tertutup semua tab’nya. Baru saja aku cek di halaman fitur, ternyata memang disediakan Fitur Crash Control  “Every tab you’re using is run independently in the browser, so if one app crashes it won’t take anything else down“. Tambahan satu lagi nilai plus untuk Chrome.

Fitur – fitur yang lain, seperti Incognito, baru aku baca, tapi belum sempat aku coba semua. Oh ya, satu yang masih kurang, yaitu dengan Chromeaku tidak bisa cek pagerank sebuah site. Mungkin belum diberikan kali ya. Maklum, namanya saja masih versi beta. Bagi yang ingin cek fitur – fitur yang diberikan oleh Google Chrome, bisa langsung menuju ke TKP.