Setelah beberapa lama tidak update di blog ini, akhirnya Aku memutuskan untuk pindah ke domain baru. Moga – moga, di domain yang baru, blognya bisa lebih rutin di update. hehehe. Buat yang terlanjur mampir disini, bisa langsung dilanjut ke sini yaa😀

Kembali aku membuat posting dengan judul belajar menulis, tetapi kali ini episode 2. Hehe. Kenapa aku membuat posting dengan judul seperti itu? Karena aku memang merasa sulit rasanya buatku untuk menulis sesuatu yang “berisi”. Bisa juga dikatakan, sulit untuk menemukan suatu topik, dan kemudian mengulasnya dengan gaya bahasaku sendiri.
Sering aku menjumpai blog-blog yang berisi tulisan yang OK punya. Topiknya pun macam – macam. Dari sekedar pengalaman sehari-hari, politik, kesehatan, virus, dan lain sebagainya. Yang membuat aku ngiri, kagum, dkk, yaitu mereka bisa menuliskan itu semua, dengan gaya bahasa yang enak dibaca, meskipun topiknya terkadang begitu sederhana. Yah..aku memang bukan pujangga, yang pandai merangkai kata *jadi inget lagu tempo dulu😀 *, masih belum bisa buat yang seperti itu. So, sekali lagi, postingan dengan judul Belajar Menulis kembali dipublikasikan, dan mudah – mudahan, bisa ada kelanjutannya setelah ini. Pengennya si, kalau sudah lancar, pengen pake domain sendiri, buat postingan dengan teratur, seperti bloger – bloger yang postingannya sudah kubaca🙂

Sudah beberapa hari/minggu ini, satu situsku tidak bisa diakses😦
Awalnya, aku pikir itu karena efek penggantian sub domain menjadi primary domain, yang memang telah menimbulkan beberapa masalah yang sekarang sudah teratasi. Sudah otak atik seting sana sini, masih juga belum bisa. Tapee dee.. Karena malas, akhirnya ya, aku biarkan. Baru hari ini rasa penasaranku muncul kembali. Coba otak atik general seting, refresh site, yapzz..masih gagal.
Otak atik lagi, sekarang ganti seting yang lain, refresh site..wuzz.. tetep gagal
Saking bingungnya, sampe mo laporan ke hosting, kali aja bener karena penggantian primary domain. Sebelum lapor, terpikir satu ide, yaitu view source code. Di situs yang tidak terbuka utuh itu, aku klik kanan, view page source, baca kodenya, ternyata kodenya tidak sampai selesai. Nah nah, disini nih biang keroknya..Kenapa kok gini ya.
Dipikir-pikir, diinget-inget, sambil bertapa, tapa kalong, tapa nungging (ga dingg😀 ), akhirnya inget deh, satu kejadian terakhir yang aku lakukan pada situsku ini. Kala itu, saat malam yang berbintang cerah, dengan rembulan yang bersinar begitu indah *halah-back to laptop* aku iseng-iseng upload plugin baru. Plugin Malas. Kenapa aku sebut plugin malas? karena plugin ini bisa mengganti kata-kata dengan sinonimnya, dalam bahasa inggris.
Seperti yang semua tahu, untuk orang malas nulis(ketauan deh :D), biasanya copas artikel lain, pake google translate, untuk menyulap artikel itu menjadi seolah-olah artikel baru. Itu merupakan cara malas 1. Nah, karena jurus malas tingkat 1 sudah dikuasai, timbullah niat mempelajari jurus malas tingkat 2, yaitu dengan plugin ini. Kan enak tuh, ga usah repot2 pake google translate, udah langsung berubah sendiri. Tapi, bukannya baik, malah efeknya site yang jadi eror. Ngga lagi dehh.
So, langsung aku non aktifin tuh plugin malas, coba cek refresh site, Jrenggg… Normal boo.. ^.^
Meskipun normal, tapi efek karena beberapa bulan ga edit, ranking site jadi turun, dan PR 1 yang diberikan mbah google dicabut..huweee..😦
Harus usaha lagi deh..

Ini gambar aku dapet dari temen, buku jilid 5a, yang direvisi menjadi 5b. Silahkan klik jilid 5A terlebih dahulu, selanjutnya, lihat revisiannya di jilid 5B😀

5A buku1

5B buku2

Postingan kali ini, bener – bener postingan iseng, yaa..seperti judulnya..bingung&bingung..
Pernah ga ngalami, bingung mau ngapain? Meskipun sebenernya tau, ada banyak yang HARUS dilakukan. Kesemuanya membawa panji-panji “HARUS SEGERA”.

Ahhh…maless dehh..

CERIA

Intro : Em A D B
Em A D
Em A F#m B
Em A D

D          Em
hari ini kudendangkan
A               D
lagu yg ingin kunyanyikan
B               Em
terkenang semua kenangan
A         D
yg tlah kualami

Em
ingin kubuka lembar baru
A                D
untuk meneruskan hidupku
B            Em
tak mau lagi kesedihan
A        D
selimuti diriku

G      A          F#m  B
semua orang ingin bahagia
Em   A            D
menjalani hidup di dunia ini
G     A         F#m  B
ingin kubukakan jawaban
Em                 A
misteri dan senang yg sejati

D          Em
hari ini kudendangkan
A               D
lagu yg ingin kunyanyikan
B               Em
terkenang semua kenangan
A         D
yg tlah kualami

G Gm

*
Em   A            F#m   B
berlari dan terus bernyanyi
Em  A            D
mengikuti irama sang mentari
Em   A             F#m B
tertawa dan selalu ceria
Em                A   D
berikan ku arti hidup ini

Musik : Dm Gm C F
Dm Gm A# C
F#m B G#m C#m
F#m B E
F#m B G#m C#m
F#m B E

F#m  B            G#m   C#
berlari dan terus bernyanyi
F#m B            E
mengikuti irama sang mentari
F#m  B            G#m   C#
tertawa dan selalu ceria
F#m     B         E
berikan ku arti hidup ini

Pendahuluan

Awal mula aku ketemu tool ini, pada saat temanku yg berasal dari England, menitipkan DVD CHIP Special XP &Vista.  Sepertinya dia ingin instal Windows XP dan Vista dalam satu komputer, tapi karena CHIP berbahasa Indonesia, dia ngga ngerti bahasanya. So, aku dikasih deh artikel dari CHIP untuk instal XP dan Vista dalam satu komputer. Sampai sekarang, aku belum baca artikelnya sampai selesai, karena aku sendiri tidak tertarik dengan vista. Selain kebutuhanku dengan XP sudah terpenuhi, ada banyak software yang masih belum kompatibel dengan vista, termasuk software yang aku buat untuk klien😀 .
Kembali ke DVD yang diberikan, ada satu tool yang menarik perhatianku. Namanya JKDefrag.

Defragment

Sebelum membahas tentang apa yang dimaksud dengan defragment mari kita kenali dulu apa sih yang dimaksud dengan fragmented files. Fragmented files adalah file file yang bertaburan(tidak teratur) di hard disk kita. Misalnya, kita sering instal/uninstal program, tambah/hapus file. Setiap kali kita menghapus file, akan ada “ruang kosong” di hard disk, begitu juga kebalikannya, setiap kali kita menambah file, file tersebut akan ditempatkan dimana ditemukan ruang kosong. Akibatnya, file – file menjadi tidak terorganisir dengan baik.
Untuk lebih mudah memahami, aku analogikan hard disk dengan sebuah lemari buku. Setiap kali aku membeli buku baru, langsung aku masukkan ke tempat kosong lemari. Entah itu buku komik, novel, buku pelajaran, dsb, aku masukkan acak saja, selama ada tempat kosong. Akibatnya, pada saat aku hendak mencari buku tertentu, akan memakan waktu lebih lama dibandingkan jika buku-buku itu aku atur rapi misalnya menurut abjad, atau kategori.
Demikian pula yang terjadi pada komputer kita. Jadi, yang dimaksudkan dengan proses defrag/defragment, yaitu mengatur/merapikan file-file yang tidak beraturan tersebut(fragmented files) supaya rapi. Apa untungnya defrag? Supaya komputer menjadi lebih cepat dalam mencari/memilah – milah file, sehingga komputer menjadi lebih optimal.

JKDefrag

Sebetulnya, windows xp sendiri sudah memiliki program untuk mendefrag. Letaknya di :
Start | All Program | Accessories | System Tools | Disk Defragmenter
Melalui tool bawaan ini pula, kita dapat menganalisa, apakah sebuah drive perlu di defrag atau tidak. Ini adalah contoh gambar drive yang perlu di defrag:
fragmented-file
Bisa kita lihat di gambar, warna – warna biru, merah, hijau, semua tersebar tidak beraturan. Itu tandanya disk perlu di defrag.
Ada banyak software untuk defrag selain bawaan Windows, tetapi tidak gratis. Kelebihan JKDefrag dibanding tools yang lain adalah Gratis dan source code juga tersedia. Bagi programer yang ingin mengetahui bagaimana defragment software dibuat, tentu senang dengan adanya code ini🙂

Why use this defragger instead of the standard Windows defragger?

  • Much faster.
  • Totally automatic, extremely easy to use.
  • Optimized for daily use.
  • Disk optimization, several strategies.
  • Directories are moved to the beginning of the disk.
  • Reclaims MFT reserved space after disk-full.
  • Maintains free spaces for temporary files.
  • Can defragment very full harddisks.
  • Can defragment very large files.
  • Can defragment individual directories and files.
  • Can be run automatically with the Windows Scheduler.
  • Can be used from the commandline.
  • Can be used as a screen saver.
  • Can be run from cdrom or memory stick.
  • Sources available, can be customized.

Why use this defragger instead of a commercial or shareware defragger?

  • It’s free.
  • Totally automatic, extremely easy to use.
  • Optimized for daily use.
  • Several optimization strategies.
  • Directories are moved to the beginning of the disk.
  • Reclaims MFT reserved space after disk-full.
  • Maintains free spaces for temporary files.
  • Can defragment individual directories and files.
  • Can be used from the commandline.
  • Can be used as a screen saver.
  • Can be run from cdrom or memory stick.
  • Sources available, guaranteed to be free of spyware, malware, nagware, and such.

Pada saat tulisan ini dibuat, versi terakhir JKDefrag adalah versi 3.36. Untuk lebih banyak informasi tentang tool gratis tetapi powerful ini, silahkan langsung menuju TKP , sedot, dan rasakan bedanya😀

Baru aku baca di web, Nokia mengeluarkan seri Nokia E63. Wahh.. Smartphone seri ini merupakan adik dari handphoneku, yaitu E61i. Setelah E61i, nokia mengeluarkan seri E71, dengan desain yang lebih bagus dari E61i, dan sekarang sudah keluar lagi versi E63. Padahal, kemarin lihat seri E71 aja pengen, belum kesampaian, malah seri terbarunya udah keluar lagi.

Dari kabar press‘nya pada tanggal 12 november 2008, dikatakan bahwa Nokia E63 diharapkan akan diluncurkan sekitar minggu-minggu ini(baru di Eropa kali ya), dengan harga kisaran EUR 199 sebelum pajak dan subsidi.
Nokia E63 ini akan membawa perangkat wifi di dalamnya. Jelas saja, dari E61i yang aku punya juga sudah ada fitur ini, so , seri terbaru ga mungkin ga ada. Nokia E63 juga memiliki fitur untuk berpindah mode dengan sekali tekan tombol. Satu fitur yang menarik yang aku baca, yaitu ada layanan yang memungkinkan orang dapat mengakses secara remote ke pc mereka, walaupun pc dalam keadaan offline. Wow..kerenn..

The Nokia E63 also includes Files on Ovi, a service where people can get remote access to their PC files even when their computer is offline.

Aku coba masuk ke situs nokia Indonesia, untuk mencari tahu E63 ini, ternyata memang belum ada. Jadi, mesti sabar menunggu sampai E63 masuk Indonesia, baru deh bisa tahu lebih banyak lagi fitur-fiturnya.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.